Friday, June 15, 2012

Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa

Ilustrasi bentrokan di Papua (Dok: RCTI)
Ilustrasi bentrokan di Papua (Dok: RCTI)

JAKARTA - Dirjen Stategi Pertahanan Kemenham Mayjen, TNI Puguh Santoso mengatakan bahwa permasalah di Papua bukan hanya pekerjaan rumah dari pemerintah. Namun telah menjadi pekerjaan rumah dari Bangsa Indonesia.

"Memang ada kelompok bergulir, provokasi, memang jujur pembangunan integrasi belum selesai, ini memang sudah komplek ini bukan hanya masalah pemerintah, tapi PR bangsa," kata Puguh dalam diskusi di Warung Daun,  Jakarta, bertema Papua yang Tak Kunjung Reda, Sabtu (16/6/2012).

Menurutnya, ada sejarah sejak jaman Majapahit suatu daerah disebut bukan Irian. Namun ada semacam perjanjian Sultan Tidore, 1 Desember 1961, mencoba menciptakan cara berpikir Belanda.

"Itu sudah clear bagian NKRI, secara Internasional PBB, apalagi dipermasalahkan. Papua harus ditangani secara sistematis," terangnya.

Memang ada kelompok yang ingin lepas dari NKRI, ada juga gerakan-gerakan dari negara yang simpatik, memang secara proposional ketika TNI ada upaya menegakkan kedaulatan jangan diragukan.

"Sparatis tidak bisa hanya melihat dari hukum, tapi merebut hati rakyat," tukasnya.
(crl)

Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Gallery

Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa Konflik di Papua Jadi Pekerjaan Rumah Bangsa

0 comments:

Post a Comment