Thursday, June 14, 2012

Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah

Pascakerusuhan di Perumnas III Waena, Kota Jayapura (foto: Herawati/ Sindo Radio)
Pascakerusuhan di Perumnas III Waena, Kota Jayapura (foto: Herawati/ Sindo Radio)

JAYAPURA - Setelah disemayamkan di ruang jenazah RS Bhayangkara Polda Papua, jenazah pimpinan Komite Nasional Papua Barat (KNPB), dijemput keluarga, pagi tadi. Jenazah dibawa ke rumah duka di Pos 7, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Jenazah Mako Tabuni dijemput keluarga beserta para petinggi dan simpatisan KNPB lainnya sekira pukul 10.30 WIT. Hadir juga Kapolda Papua, Irjen Pol Bigman L Tobing serta Wakapolda Brigjen Pol Paulus Waterpuaw.

Pemulangan jenazah petinggi KNPB itu mendapat pengawalan ketat dari polisi. Situasi di Abepura sempat mencekam. Warga memilih tidak keluar rumah. Sejumlah sekolah juga memulangkan siswa lebih awal. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan kerusuhan susulan yang dilakukan simpatisan KNPB.

Seperti diberitakan, Mako Tabuni tewas di RS Bhayangkara pada Kamis pagi sekira pukul 10.30 WIT, akibat kehabisan darah. Mako mengalami dua luka tembak di paha dan pinggulnya. Dia berusaha melarikan diri dan merampas senjata petugas saat akan ditangkap di Perumnas III, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Mako Tabuni beserta saudaranya, Buchtar Tabuni, ditengarai aktor di balik aksi teror penembakan di Jayapura selama sebulan terakhir. Buchtar Tabuni terlebih dahulu ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Penangkapan sekaligus penembakan terhadap Mako membuat para simpatisan KNPB berang. Kerusuhan terjadi di lokasi tak jauh dari Kampus Universitas Cendrawasih. Puluhan kendaraan roda dua dan mobil, serta ruko, dibakar massa. Empat warga sipil juga terkena imbas dari kerusuhan itu. Mereka mengalami luka akibat diamuk massa menggunakan senjata tajam.

Pascakerusuhan, polisi menggeledah rusunawa di Perumnas III Waena dan menemukan puluhan senjata tajam, senjata api rakitan, bom molotov, bendera Bintang Kejora, dan lainnya.
(Jack Wally/Sindo TV/ris)

Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Gallery

Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah Jenazah Mako Tabuni Diambil, Warga Enggan Keluar Rumah

0 comments:

Post a Comment