Sunday, June 17, 2012

DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan

Ilustrasi (Foto: okezone)
Ilustrasi (Foto: okezone)

JAKARTA - Masyarakat Kecamatan Tanggunggunung Tulungagung saat ini resah dan berjaga malam. Hal itu dipicu rencana persiapan rencana latihan perang UST Tingkat Kompi Yonif 511/DY Brigif 16/Wira Yudha yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 Juni 2012. 

Hal itu diungkapkan oleh politikus PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari. Menurutnya, dari surat pemberitahuan yang ada, latihan akan dilaksanakan di area perkebunan Kaligentong Kecamatan Tanggunggunung dan Kalidawir.

Eva yang menjadi anggota DPR Dapil Tulungagung mengaku sudah berkirim surat kepada KSAD meminta penghentian rencana tersebut. Argumen yang diajukan adalah bahwa Perkebunan Kaligentong (dan Perkebunan Penampean) merupakan lahan perkebunan yang telah lama dikelola oleh warga dan telah diserahkan pengelolaannya kepada warga secara sah berdasarkan Surat Bupati Tulungagung Nomor 590/109/301/2005 (Kaligentong) yang tanggal 31/5/2005 dan Surat Bupati Tulungagung Nomor 590/346/424.13/2001 (Penampean) tanggal 17 April 2001.
  
Selain itu, hasil pemeriksaan atas Buku Inventaris Tanah Tahun 2005/2006 oleh BPK menunjukkan bahwa tanah perkebunan tersebut tidak masuk dalam daftar nominative inventaris tanah yang dikuasai oleh Kodam V/ Brawijaya.

"Selama tiga generasi daerah itu merupakan pemukiman warga sehingga aneh jika tiba-tiba TNI AD mengalih fungsikannya menjadi arena latihan perang tanpa berdasar," ungkap Eva kepada wartawan, Senin (18/6/2012).

Menurut dia, bukan saja ke FPDI Perjuangan, warga juga sudah mengadukan hal tersebut ke Komisi I DPR RI pada tanggal 18/5/12 setelah pasukan yang sama melakukan latihan pertama pada tanggal 2-4/5/12. Tetapi, tampaknya, keberatan dari DPR diabaikan dan persiapan latihan tetap dilaksanakan.

"Sepatutnya KSAD segera memerintahkan penghentian pelaksanaan rencana latihan perang tersebut dan memeriksa pihak-pihak yang bertanggung jawab atas rencana yang menyiratkan arogansi sekaligus kecerobohan tersebut," pungkasnya.
(crl)

DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan Gallery

DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan DPR Minta Latihan Perang di Tulungagung Dihentikan

0 comments:

Post a Comment