Wednesday, May 23, 2012

Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara


VIVAnews - Mengurangi berat badan ternyata dapat mengurangi risiko seorang wanita untuk mengembangkan kanker payudara. Penelitian menunjukkan, wanita kelebihan berat badan yang menyusutkan 5 persen dari berat badan mereka, 50 persen berisiko lebih rendah mengalami kanker payudara.

Studi terhadap 439 wanita berusia 50-75 tahun membuktikan hilangnya lemak tubuh mengurangi kadar hormon yang memicu pertumbuhan kanker. Selama studi, wanita dibagi dalam empat kelompok. Satu kelompok berolahraga dan berdiet, kelompok kedua berdiet, kelompok ketiga berolahraga lebih sering, dan kelompok keempat tak mengubah pola hidup sama sekali.

Seperti VIVAnews kutip dari Foxnews, hasil studi menunjukkan, wanita yang berhasil menurunkan 5 persen berat tubuhnya berisiko 50 persen lebih rendah mengalami kanker. Ilmuwan dari Lembaga Peneliti Kanker Fred Hutchinson menemukan, wanita yang diet dan berolahraga rata-rata dapat menurunkan 10 persen berat badan.

Selain itu, semua wanita yang mampu menurunkan berat badan memiliki level hormon estrogen dan testosteron yang lebih rendah 10-20 persen daripada wanita kelebihan berat badan atau obesitas. Hormon estrogen yang berkaitan dengan kanker payudara atau disebut estrogen reseptif ditemukan pada 70 persen kasus kanker payudara.

Pemimpin peneliti Anne McTiernan mengungkap menurunkan 5 persen berat tubuh mengurangi risiko seperempat hingga setengah kali mengalami kanker payudara yang paling umum. "Berat badan yang hilang adalah kunci untuk perubahan tingkat hormon," katanya.

Diet dan olahraga, disebutkan McTiernan memiliki dampak paling besar dalam mencegah kanker payudara. "Saya sarankan wanita berdiet dan olahraga, karena dalam jangka panjang yang akan membantu menjaga berat badan turun dan karena itu menjaga estrogen turun."

Hughes Eluned dari Yayasan Kanker Payudara mengatakan, "Kami sangat mendukung manfaat dari menjaga berat badan yang sehat karena dapat membantu mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker payudara."

Sebuah studi awal tahun juga mengungkap wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas saat didiagnosa kanker payudara lebih mungkin mengalami kekambuhan dan meninggal karena penyakit ini daripada mereka yang bertubuh lebih kurus.

Studi menyebut, ada risiko kekambuhan sebesar 17 persen pada pasien yang obesitas dibandingkan 8 persen pada mereka dengan berat badan ideal.

Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Gallery

Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara Turunkan Berat Badan Cegah Kanker Payudara

0 comments:

Post a Comment