Monday, May 28, 2012

Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Sultan Hasanuddin (Foto: www.indonesiastamps.com)
Sultan Hasanuddin (Foto: www.indonesiastamps.com)

SUNGGUMINASA - Polres Gowa hingga kini belum berhasil mengungkap pelaku perusakan makam raja Gowa Sultan Hasanuddin di Lakiong, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu.

Padahal, aparat penegak hukum sudah memeriksa 10 saksi terkait kasus perusakan makam pahlawan nasional ayam jantan dari timur.

Sepuluh saksi yang dimintai keterangan, yakni penjaga makam Abdul Khalik, dan warga setempat Muh Asdar, M Kasim, Jamal Idrus, Sabir, Mustakim, Hasrul, Syahrul, Yusuf, dan Cole Mamma.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Polres Gowa, AKP Andriani Lilikay, mengatakan pihaknya telah memeriksa 10 saksi, namun hingga kini belum ada ditetapkan sebagai tersangka.

"Kami sudah memintai keterangan sejumlah saksi, namun belum ada ditetapkan sebagai tersangka," katanya.

Untuk mengungkap pelaku pengerusakan, Polres sudah membentuk tim untuk mengejar para pelaku perusakan makam yang berada di Jalan Pallantikang, Kelurahan Katangka, Kecamatan Sombaopu, Gowa.

"Tim yang dibentuk melibatkan anggota Polsek setempat dan para intel untuk memaksimalkan pengungkapan pengerusakan makam itu. Kami juga terus mengidentifikasi para pelaku dan motif dari aksi perusakan makam Sultan Hasanuddin," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta kepada Polres Gowa segera mengungkap pelaku perusakan makam raja Gowa Sultan Hasanuddin di Lakiong, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Somba Opu, Gowa.

"Makam raja Gowa ke-16 tersebut bukan hanya milik orang Gowa, atau Sulsel, tetapi sudah milik dunia dan perlu dijaga dan dilestikan. Karena itu merupakan cagar budaya yang tak ternilai harganya,” kata mantan Bupati Gowa dua periode itu.

Makam Sultan Hasanuddin di Lakiong, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Gowa dirusak orang tak dikenal, Kamis 24 Mei lalu. Beberapa bagian makam pahlawan nasional itu rusak, seperti nisan makam, patung ayam jantan yang ada di atas makam juga ikut dirusak.

Tidak hanya itu, cincin patung ayam jantan dari timur yang terletak di pendopo kompleks makam raja-raja Gowa tersebut juga dirusak.
(Baharuddin/Koran SI/kem)

Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Gallery

Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka Periksa 10 Saksi, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

0 comments:

Post a Comment