Friday, May 25, 2012

Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk

detail berita

Menggosok gigi anak (Foto: Corbis)

DOKTER gigi telah mengeluarkan peringatan tentang minuman rasa buah atau jus dalam kemasan dan smoothie dapat bersifat asam seperti cuka terhadap gigi. Penelitian menemukan, minuman rasa buah mengandung kadar asam tinggi yang dapat mengikis enamel gigi.
 
Minuman merek This Water rasa lemon dan jeruk nipis memiliki tingkat pH atau keasaman 2,7, lebih asam dari cuka yang memiliki pH 2,9 (dalam mengukur pH, angka 7 berarti netral dan 1 berarti sangat tinggi). Enamel gigi mulai bisa hancur pada skala lebih dari 5,5. Produsen memang tidak diharuskan untuk memublikasikan kadar asam dalam minuman, seperti dilansir Dailymail.
 
Minuman lain yang diuji termasuk Tropicana rasa jeruk, Copella rasa apel, dan smoothie Innocent. Semuanya memiliki kadar asam berkisar antara 3,3 dan 3,8. Yang paling asam ialah Coca-Cola dengan tingkat pH 2,5.

Dekan fakultas gigi di Royal College of Surgeons, Dr. Kathy Harley mengatakan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kombinasi asam tinggi dan gula dalam minuman rasa buah dapat merusak, terutama gigi anak kecil.
 
Pada tahun lalu, Harley memeringatkan bahwa sebanyak 50% anak umur lima tahun di Inggris memiliki tanda-tanda kerusakan pada enamel gigi mereka yang disebabkan oleh kelebihan asam dalam minuman atau makanan mereka.

Departemen Kesehatan Inggris menunjukkan, masalah gigi merupakan alasan paling umum ketiga karena membuat anak-anak harus dirawat di rumah sakit pada 2011-20112 (di urutan pertama dan kedua ialah infeksi virus dan gangguan yang berhubungan dengan kelahiran prematur).
 
Pemerintah Inggris menyarankan agar setiap orang harus mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari, dengan 150 ml jus buah dihitung sebagai satu porsi. Namun, Dr. Harley mengatakan akan lebih baik jika makan buah secara langsung, sedangkan minum-minuman buah hanya sepekan sekali.
 
Dokter gigi juga menyarankan minum air putih setelah minum-minuman rasa buah untuk menghapus keasaman. Sikat gigi juga boleh asal dilakukan satu jam setelah minum jus karena gigi masih lemah akibat paparan asam jus. Dokter gigi mengatakan, daripada mengonsumsi buah atau jus buah sebagai kudapan, lebih baik dikonsumsi pada saat makan atau disertai dengan sesuatu yang mengandung kalsium, seperti keju yang menetralkan asam.
(tty)

Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Gallery

Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk Minuman Rasa Buah Bikin Enamel Gigi Membusuk

0 comments:

Post a Comment