Monday, May 28, 2012

Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur

Ilustrasi (Okezone)
Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Pengangkatan Wakil Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin, sebagai bupati, menggantikan Satono, yang rencananya dilakukan Rabu (30/5/2012) besok, dianggap tidak sesuai prosedur.

Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Pemuda Untuk Demokrasi (KAMPUD) Lampung, Seno Aji menilai pengangkatan itu terkesan dipaksakan dan terkesan tanpa verifikasi.

"Pengangkatan Erwin Arifin tanpa lebih dulu meminta masukan dari Gubernur Lampung," kata Seno Aji di sela-sela aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (28/5/2012).

Ia mengingatkan kepada Mendagri untuk mengikuti Instruksi Presiden terhadap penundaan Keppres No. 40/P 2012 dan No. 48/P 2012 yang berlaku untuk seluruh kepala daerah dalam perkara yang sama.

Dia mencontohkan, seperti pada kasus yang melibatkan Gubernur Bengkulu, Agusrin Nadjamudin. Pengangkatan Wagub Bengkulu Junaidi Hamsyah dibatalkan karena Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta memenangkan gugatan Agusrin terhadap Keppres No. 40/P 2012 dan No. 48/P 2012.

Ditambahkan Seno, meski keputusan Mahkamah Agung (MA) menghukum Satono 15 tahun, tapi itu belum memiliki kekuatan hukum tetap. "Masih ada hukum luar biasa yang bisa ditempuh," jelasnya.

Satono sendiri dihukum karena dianggap melakukan tindak pidana korupsi dengan menjaminkan uang kas daerah kepada Bank BPR Tripanca Setiadana yang tidak dijamin oleh LPS.

Seno menjelaskan, penempatan uang kas daerah di Bank BPR Tripanca sudah direstui oleh gubernur dan DPRD Lampung. Selain itu, berdasarkan keterangan Bank Indonesia, BPR Tripanca juga dinyatakan bank sehat.

“Materi kasasi jaksa juga dipaksakan. Karena tidak ditemukan bukti terjadinya tindak pidana korupsi yang dilakukan Bupati Satono,” tukasnya.
(put)

Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Gallery

Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur Mendagri Didesak Tunda Pengangkatan Bupati Lampung Timur

0 comments:

Post a Comment