Monday, May 28, 2012

Kanker Payudara Intai Pekerja Malam


VIVAlife – Banyak resiko berbahaya mengintai wanita yang bekerja pada waktu malam hari. Mulai dari faktor keamanan hingga faktor kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Occupational and Environmental Medicine baru-baru ini, menunjukan bahwa wanita yang bekerja di malam hari cenderung terkena resiko kanker payudara.

Para peneliti menemukan bahwa bekerja di malam hari bisa meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 40 persen.

Wanita yang bekerja lebih dari dua malam setiap minggu memiliki risiko dua kali lipat dibandingkannya mereka yang bekerja pada office hour. Sementara, wanita yang selalu bekerja di malam hari memiliki risiko yang lebih besar lagi.

Para ahli percaya bahwa hormon dalam tubuh yang berpotensi menekan sel tumor dapat terganggu oleh paparan cahaya konstan di malam hari. Meningkatnya risiko kanker payudara ini terjadi karena terganggunya jam biologis tubuh dan produksi hormon.

Penelitian yang didukung oleh the Danish Cancer Society ini melibatkan lebih dari 18.500 wanita karier yang hidup antara tahun 1964 dan 1999. Para peneliti berhasil menghubungi 210 wanita dari total 218 wanita dengan kanker periode 1990-2003 yang masih hidup.

Wanita-wanita tersebut dipasangkan dengan 899 wanita dengan usia yang sama namun tidak menderita kanker.

Para responden diminta mengisi kuesioner yang berisi beragam pertanyaan mengenai pola kerja mereka, penggunaan pil KB, kebiasaan berjemur, dan apakah mereka lebih sering bekerja di malam hari atau di pagi hari.

Secara keseluruhan, mereka yang sering bekerja di malam hari memiliki 40 persen peningkatan risiko kenker payudara dibandingkan mereka yang tidak pernah bekerja di malam hari.

Namun, peneliti Johnni Hansen mengatakan bahwa bekerja di malam hari selama dua hari tidak akan mengganggu jam biologis tubuh. Sedangkan, mendapatkan jam kerja di malam hari secara rutin selama beberapa tahun dapat mengganggu irama jam biologis tubuh dan pola tidur.

Paparan cahaya di malam hari menghambat produksi melatonin, yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak pada jam 9 malam hingga 8 pagi. Melatonin adalah hormon yang menentukan siklus alam yang mengatur pola tidur, dan membantu menekan sel tumor.

Para peneliti menunjukkan bahwa rendahnya tingkat melatonin yang tidak biasa, terlihat pada wanita yang berkerja di malam hari, dapat meningkatkan pertumbuhan tumor.

"Mungkin jam kerja malam bukan merupakan satu-satunya penyebab. Tapi, kerja di malam hari dapat meningkatkan kemungkinan gaya hidup yang berisiko, seperti kurangnya berolahraga," ujar Dr Rachel Greig, dari charity Breakthrough Breast Cancer, dikutip Daily Mail.

Ia menyarankan, semua wanita untuk mengurangi konsumsi alkohol, rutin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Gallery

Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Kanker Payudara Intai Pekerja Malam Kanker Payudara Intai Pekerja Malam

0 comments:

Post a Comment