Monday, May 28, 2012

Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak

Ilustrasi Gunung Lokon. (Dok: Sun TV)
Ilustrasi Gunung Lokon. (Dok: Sun TV)

JAKARTA - Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, sejak pukul 15.00 WITA, statusnya dinaikkan levelnya menjadi level III atau siaga setelah sebelumnya berada di level II atau waspada, Senin (28/5/2012).  
Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan dengan kenaikan status Gunung Soputan menjadi siaga ini, diharapkan kepada semua pihak yang berkepentingan agar mendapatkan laporan satu kali dalam satu hari, tidak terkecuali hari libur.
 
"Hal ini sesuai dengan prosedur baku yang diterapkan, apabial gunung berapi dinaikkan menjadi siaga," kata Sutopo, melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Senin (28/5/2012).
 
Kata Dia, dinaikannya status Gunung Soputan ini, masyarakat dihimbau tidak beraktivitas dalam radius 6 Kilometer dari puncak dan tidak dilakukan pendakian ke arah puncak serta aktivitas di Camping Ground.
 
"Untuk masyarakat yang bermukim dalam radius 6.5 kilometer agar tidak perlu diungsikan," ungkapnya.
 
Menurutnya masyarakat juga harus waspada terhadap ancaman bahaya guguran kubah lava yang berpotensi terjadi di sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Soputan, yakni Sungai Ranowangko, Sungai Pentu, Sungai Lawian dan Sungai Popang.
 
"Jika terjadi hujan abu, karena letusan dan guguran kubah lava, agar masyarakat mengenakan masker penutup hidung dan mulut," imbunya.

(Munir)

Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gallery

Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak Gunung Soputan Naik Status Siaga, Masyarakat Tidak Diperkenakan Mendekati Puncak

0 comments:

Post a Comment