Tuesday, May 22, 2012

10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat

detail berita

Optimistis baik untuk kesehatan (Foto: Corbis)

TUBUH bugar dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Cara-cara ini bisa menjadi referensi agar Anda bisa hidup nyaman.  
Sehat sering kali dikatakan sebagai suatu hal yang mahal. Namun bila tahu rahasianya, sehat dapat dijalankan dengan cara-cara sederhana.

Berikut cara mendapatkan tubuh sehat dan bugar yang belum banyak orang tahu, sebagaimana dilansir Readbuzz.

Hindari gula berlebih sebagaimana menjauhi rokok

Meskipun gula tidak memiliki stigma yang melekat seperti merokok, tetapi faktanya banyak mengonsumsi makanan-makanan manis, terlebih sebagai makanan selingan atau pencuci mulut, bisa sama buruk dampaknya seperti Anda menyalakan sebatang rokok. Demikian yang dijelaskan tim penelitian dari University of California. Karena itu, konsumsi gula harus diatur.

Asupan gula yang tinggi akan meningkatkan jumlah insulin. Insulin tidak hanya berfungsi mengontrol tekanan gula dalam darah, tetapi juga memicu risiko kanker.

Jumlah gula yang tinggi akan menyebabkan obesitas, berkontribusi pada kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol dan diabetes, termasuk masalah pada organ hati. Hampir 35 persen kematian di dunia disebabkan oleh gula.

Hadirkan perasaan bahagia dengan tidur satu jam lebih lama

Apa yang harus dilakukan untuk membuat Anda lebih bahagia? Sebuah pekerjaan yang lebih baik? Pendapatan yang lebih besar?

Tapi menurut studi di Amerika Serikat yang dilakukan psikolog Daniel Kahneman dan rekan-rekannya, peningkatan pendapatan rumah tangga sebenarnya hanya memiliki sedikit efek pada suasana hati sehari-hari. Tidur malam hari satu jam lebih lama dari biasanya, justru dapat menghadirkan kebahagiaan harian pada Anda yang selalu sibuk.

Selamatkan hidup dengan optimisme

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berpikir positif dapat berdampak besar pada kebahagiaan Anda. Namun, penelitian juga mengungkapkan bahwa menjadi optimistis dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Temuan ini merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam European Heart Journal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang optimistis cenderung terhindar dari penyakit jantung. Sedangkan para peneliti di Duke University Medical Center menemukan bahwa pasien penyakit jantung lebih optimistis dengan pengobatan mereka sehingga bisa hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

Kunyah permen karet agar kekuatan otak meningkat

Tidak punya waktu untuk minum kopi saat pagi? Cobalah kunyah sebuah permen karet untuk menghadirkan rasa lebih waspada pada otak Anda.

Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa mengunyah permen karet, khususnya rasa mint secara dramatis dapat mengurangi perasaan lelah. Sementara itu, studi penelitian terpisah menunjukkan bahwa permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan daya ingat sebesar 35 persen.
(tty)

10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat Gallery

10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat 10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat 10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat 10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat 10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat 10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat 10 Cara Raih Tubuh Bugar & Sehat

0 comments:

Post a Comment